Buah Carica Dieng Wonosobo

Diposting oleh Aditya Ragil on Selasa, 21 Oktober 2014

Apa itu Buah Carica?



buah carica


Buah carica Dieng merupakan buah khas dari kota Wonosobo. Buah ini dulunya berasal dari Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Di Indonesia sendiri buah carica masuk saat masa penjajahan Belanda. Buah dengan nama latin Carica Pubescens atau Carica Candamarcensis. Buah ini akan tumbuh dengan subur pada keadaan tanah yang subur, suhu yang dingin dan curah hujan yang tinggi.

Karakteristik Buah Carica

Buah carica Dieng termasuk dalam golongan Family Pepaya. Berbeda pada pepaya pada umumnya buah ini memiliki bentuk yang lebih kecil dari pada pepaya pada umumnya. Ukurannya hanya sekepalan tangan orang dewasa.

Berwarna hijau saat mentah, dan saat menjelang matang buah ini akan berwarna kuning pucat. Rasanya pun berbeda dengan pepaya biasa, rasanya sedikit asam tetapi harum.

Buah carica ukurannya panjang 8-10 cm dan diameter antara 6-7 cm dan berbentuk bulat. Buah ini memiliki getah yang mengandung enzim papain, getah semakin sedikit seiring dengan tingkat kematangan buah.

Biji buah tepat ditengah buah carica, dengan diselimuti lapisan sarkotesta yang berlendir dan berair. Kulit yang keras menyelimuti buah ini.

Karakteristik Pohon Carica

Pohon carica sama dengan pohon pepaya pada umumnya, tumbuhan ini tegak berdiri dengan tinggi sekitar 1-2 meter, dan cabang yang lebih banyak. Memiliki daun-daun yang membentuk sepiral pada bagian atas. Daun berbentuk bulat tunggal, bertulang dan menjari. Permukaan daun terlihat licin.

Bunga yang jantan memiliki tangkai panjang antara 10-15 cm sedang bunga betina memliki tangkai yang realatif besar dan keras.




{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar